Studi: Bayi Lebih Cepat Kenali Kata Identik

Ilustrasi bayi (Pixabay)

Bagi orang tua disarankan mengajarkan anak dengan kata identik.

Tim peneliti dari University of Edinburgh, Inggris menemukan cara agar orang tua lebih mudah mengajarkan si balita cepat untuk berbicara. Menurut mereka, mudah saja, orang tua hanya perlu mengajarkan dengan mengucapkan kata yang identik secara berulang-ulang.
Dilansir Science 2.0, Senin 30 Mei 2016, peneliti utama tim dari Sekolah Filosof, Psikologi dan Ilmu Bahasa, Mitsuhiko Ota mengatakan, kata yang tidak identik bisa dicarikan persamaan yang identiknya. Dicontohkan seperti kata ‘kereta’ dan ‘selamat malam’, bisa diajarkan berulang dengan kata identiknya, kereta-kereta dan malam-malam.
“Kata-kata tersebut lebih mudah bagi bayi untuk belajar, dan dapat menyediakan mereka dengan titik awal untuk belajar kosa kata,” ucap Ota.
Nah, penelitian ini dibuktikan oleh tim dengan menyiapkan dua benda ‘bisa bicara’ yang telah diatur lewat sistem, suara tersebut sudah direkam sebelumnya. Satu benda disematkan suara dengan suku kata identik, dan satu lagi tidak identik.
Sementara riset ditujukan pada bayi berusia 18 bulan, kemudian, setelah benda berbicara itu dihadapkan pada si bayi, peneliti melihat respons bayi melalui gerakan mata. Hasilnya, pada benda dengan suku kata identik, mata bayi tampak lebih andal dari pada suku kata yang tidak identik.
Maka, peneliti pun mengusulkan, cara mudah untuk mengajarkan bayi bicara adalah dengan memiliki suku kata yang identik.
“Beberapa contoh bisa tum-tum, mama, papa, din-din dan wee-wee,” ucap dia.

Sumber: viva.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*