4 Karya Teknologi Anak Bangsa Dapat Penghargaan PBB

WSIS Prizes 2017, sumber gambar: www.itu.int

Empat inisiatif teknologi karya anak Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan dari Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di kompetisi global World Summit on the Information Society (WSIS) Prize 2017.

Inisiatif Internet Sehat yang digalang oleh ICT Watch untuk kedua kalinya turut menjadi champion. Keempat inisiatif teknologi karya anak bangsa tersebut adalah:

1. Backpack Radio Station (oleh Iman Abdurrahman) pada kategori #12 (ICT Applications: e-Environment)
2. LISA – Information Systems for Farmers (oleh PT 8villages Indonesia) pada kategori #13 (ICT Applications: e-Agriculture)
3. iGrow My Own Food (oleh iGrow) pada kategori #13 (ICT Applications: e-Agriculture)
4. Internet Sehat (oleh ICT Watch – Indonesia) pada kategori #17 (Ethical Dimensions of the Information Society)

Anugerah WSIS 2017 memiliki 18 kategori beragam, yang mengaitkan pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi (TIK) dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDG) 2030. Tahun ini terdapat 18 nominator dari Indonesia, yang lantas terpilih empat sebagai champion.

Keputusan tim yang terdiri dari para pakar yang ditunjuk PBB itu diawali dengan menyaring 467 inisiatif dari berbagai penjuru dunia, lalu disaring menjadi 345 nominator. Setelah itu dikombinasikan dengan mekanisme online voting yang berhasil menjaring lebih dari 1,1 juta suara dari seluruh dunia.

“Pencapaian karya atau inisiatif Indonesia pada kompetisi global Anugerah WSIS 2017 PBB, menguatkan pesan bahwa Indonesia adalah barometer penting pencapaian dan pengembangan TIK sebagai pilar pembangunan dunia,” ujar Semuel Abrijani Pangerapan,

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui keterangan tertulis.

Prosesi penyerahaan penghargaan akan dilaksanakan saat Sidang WSIS Forum 2017 di Jenewa, dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal International Telecommunication Union (ITU), pada 12-16 Juni 2017.

Sekilas Profil

Backpack Radio Station (jrki.or.id) adalah teknologi stasiun radio mini yang dapat dibawa dalam backpack (ransel) yang tahan air dan api, serta dilengkapi dengan baterai tahan lama dan panel surya, guna melayani informasi di daerah-daerah yang terisolir akses informasinya.

LISA (8villages.com) adalah aplikasi edukasi dan komunikasi untuk pemberdayaan komunitas rural, termasuk bagi petani dan pengusaha mikro, dengan saling menghubungkan komunitas rural pada berbagai lokasi di Indonesia.

iGrow (igrow.asia) adalah aplikasi yang memungkinkan adanya interaksi antara pemilik lahan pertanian, petani, investor, dan pembeli hasil pertanian guna mendukung ekosistem rantai pasokan pertanian dan investasi permodalan terkait.

Internet Sehat (internetsehat.id) adalah program edukasi dan sosialisasi literasi digital bagi masyarakat, mengedepankan perlindungan kebebasan berekspresi sekaligus mengantisipasi disinformasi dan diskriminasi di internet.

Sumber: liputan6.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*